Instagram Down, Pengguna Twitter Sindir Perilaku Para Instagramers

Instagram Down, Pengguna Twitter Sindir Perilaku Para Instagramers

Satu hal yang unik dan kerap terjadi baik dulu ataupun sekarang di mana banyak orang yang harus frustasi ketika mendapati situs jejaring sosial yang kerap mereka gunakan mengalami masalah, maka satu hal yang sering dilakukan adalah berbdondong-bondong pindah sementara ke Twitter.

Sering kali Facebook down atau mengalami masalah pada servernya beberapa tahun lalu yang membuat banyak penggunanya tidak dapat mengakses akun pribadinya. Hal tersebut berujung pada terjadinya ekspansi secara besar-besaran dari Facebook menuju Twitter sebagai situs sosial media terbesar kedua beberapa tahun lalu. Dan ketika Facebook telah kembali pulih, Twitter kembali ditinggalkan karena banyak yang mengakses akun Facebook pribadinya daripada berlama-lama di situs dengan logo burung biru itu.

Dan ketika popularitas Facebook sudah semakin lama menurun karena banyaknya orang yang menggunakan Instagram, hal sama terjadi lagi. Beberapa hari lalu, Instagram juga mengalami masalah pada servernya. Ketika seseorang pengguna berusaha mengakses akunnya baik melalui web ataupun menggunakan perangkat mobilenya, maka yang terlihat adalah tulisan 5xx Server Error.

Dikarenakan hal itu, Twitter mengalami lonjakan trafik karena banyak pengguna Instagram yang berbondong-bondong mengakses akun Twitter mereka hanya untuk sekadar mengetahui apakah Instagram benar-benar sedang bermasalah atau juga karena tidak ada aktivitas lainnya.

Membutuhkan waktu cukup lama dibandingkan dengan situs-situs terkenal lainnya, akhirnya Instagram dapat kembali mengudara di hari yang sama di mana sempat down. Dan kembali lagi juga, Twitter ditinggalkan banyak orang karena semuanya berusaha berebut untuk mengakses dan beraktivitas menggunakan akun Instagram masing-masing.

Dikarenakan hal itu maka bertebaran sindiran-sindiran yang diciptakan oleh para pengguna setia Twitter terkait dengan apa yang dilakukan oleh para pengguna Instagram tersebut, yaitu #Instagramdown. Tidak hanya itu saja, bermunculan meme-meme yang dibuat untuk menyindir para pengguna Instagram yang menggunakan Twitter saat butuh saja.

Sindiran dan meme-meme tersebut tidak hanya dilakukan oleh pengguna Twitter di negara-negara Eropa dan sekitarnya saja, di Indonesia pun juga berlaku hal yang sama. Banyak yang sengaja dan terang-terangan menyebut bahwa pengguna Instagram hanya ingin enaknya sendiri karena datang saat butuh dan pergi ketika sudah tidak menginginkan.

Terlepas dari segala nyinyir dan sindiran tersebut, pihak Instagram sendiri sampai sekarang belum merilis alasan kenapa server mereka sampai bermasalah sampai dengan 1 jam lamanya. Bahkan pihak Instagram juga menghapus postingan mereka di akun Twitter resminya terkait dengan masalah tersebut.

Dalam akun Twitter resminya, pihak Instagram sempat menuliskan twit berupa pemberitahuan dan mereka mengetahui bahwa banyak penggunanya sedang mengalami masalah ketika ingin mengakses akunnya. Namun tidak seberapa lama, twit tersebut kemudian dihapus oleh admin pengelola akun Twitter milik Instagram tersebut.

“Kami tahu sebagian Instagrammer mengalami isu di aplikasi. Kamis sedang berusaha memperbaikinya,” tulis pihak Instagram dalam akun Twitter resmi mereka sebelum dihapus.

Walaupun tidak diketahui penyebab pastinya, namun ada rumor yang mengatakan bahwa tumbangnya Instagram dalam waktu 1 jam tersebut ada kaitannya dengan mundurnya 2 pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, dari jajaran pengurus. Hal tersebut kabarnya disebabkan Facebook tidak menepati janjinya saat terjadinya kesepakatan akuisisi beberapa tahun lalu.

Sebelum kata deal terjadi, sempat terjadi kesepakatan bahwa Facebook selaku pemilik baru dari Instagram akan hanya memberikan support dan pantauan saja, tanpa ikut mengintervensi internal dari jejaring sosial tersebut. Namun semakin bertambah tahun dan semakin terkenalnya Instagram, Facebook terlihat sering melakukan intervensi. Hal itulah yang kabarnya menjadi salah satu alasan kenapa Kevin dan Mike memutuskan untuk hengkang.