Microsoft Umumkan YourPhone App Untuk Hubungkan Smartphone Android Dengan Laptop

Microsoft Umumkan YourPhone App Untuk Hubungkan Smartphone Android Dengan Laptop

Beberapa waktu yang lalu, Microsoft memperkenalkan fitur-fitur baru yang include dalam update-an untuk Windows 10 dan juga produk Surface terbarunya. Mungkin tidak ada yang menarik untuk diketahui karena hanyalah sebuah update dan peluncuran produk terbaru saja, namun justru pada saat yang bersamaan, Microsoft memperkenalkan fitur anyar mereka yang terintegrasi dengan Android.

Ya, memang sejauh ini dalam memproduksi produknya, baik itu yang berbasis perangkat mobile, tablet ataupun laptop dan komputer, Microsoft selalu menggunakan operating system mereka sendiri, seperti Microsoft Windows dan Windows Phone, namun dikarenakan pasarnya tertinggal jauh dengan pasaran perangkat berbasis iOS milik Apple ataupun Android-nya Google, maka Microsoft mulai memikirkan strategi lain yang sudah dilakukan oleh Nokia dan BlackBerry, yaitu menggunakan Android dalam produknya.

Dalam hal ini, penggunaan Android tersebut bukan sebagai operating system yang berdiri sendiri, melainkan akan menjadi satu aplikasi khusus atau dapat dikatakan sebagai launcher yang dinamakan YourPhone App. Dalam aplikasi ini, maka pengguna perangkat berbasis Windows dapat menampilkan segaligus mengoperasikan aplikasi-aplikasi Android dalam layar berbeda di perangkatnya.

Jadi dapat dikatakan, sembari beraktivitas menggunakan perangakt berbasis Windows, penggunanya juga dapat memeriksa, mengoperasikan sampai dengan mengirimkan pesan atau apapun dari komputer atau laptopnya yang telah menggunakan Windows 10 dan YourPhone App ini seperti ketika mereka melakukannya dengan menggunakan smartphone atau phablet Androidnya.

Bahkan para penggunanya dapat mengoperasikan perangkat mobile mereka langsung menggunakan komputer atau laptop yang sudah menggunakan operating system Windows 10 dan sudah terinstal YourPhone App tersebut secara mudah dan cepat.

Microsoft pun juga sudah mempublikasikan YourPhone App ini melalui akun Twitter resmi mereka. Disebutkan pula bahwa YourPhone App tersebut akan didapatkan dan digunakan secara perdana per tanggal 10 Oktober 2018 ini melalui update dari Windows 10 yang digunakan di setiap perangkat komputer atau laptop.

Selain itu, terdapat juga software PC lain yang memiliki fungsi sebagai mirror app dan dapat digunakan di komputer atau laptop, seperti contohnya adalah Bluestack. Namun menurut Microsoft, YourPhone App ini bukanlah sebuah mirror app biasa saja yang membuat seseorang tanpa perangkat mobile akan dapat seakan-akan memiliki sebuah smartphone, melainkan benar-benar sebagai pengakses perangkat mobile sendiri melalui PC secara cepat sesaat setelah sinkronisasi, seperti halnya aplikasi pengiriman pesan WhatsApp via web.

Selain akan memberikan YourPhone App ini secara gratis kepada para pengguna resmi Windows 10, Microsfot juga memberikan sejumlah pembaruan dan penambahan fitur baru lain serta perbaikan bug untuk fasilitas-fasilitas tertentu yang terdapat di dalam operating system paling baru miliki mereka itu.

Sebenarnya, launcher ini pernah sedikit disinggung dan dijelaskan pada saat digelarnya acara bertajuk Microsoft Build 2018 pada bulan Mei kemarin. Dalam acara tersebut dijelaskan bahwa ada sebuah launcher yang dinamakan Microsoft Launcher yang berfungsi untuk menghubungkan antara perangkat berbasis Windows 10 dengan perangakat mobile berbasis Android yang dimiliki. Hanya saja tidak diketahui apa alasan Microsoft akhirnya mengganti nama Microsoft Launcher tersebut menjadi YourPhone App.

Dan dalam ajang tersebut, dijelaskan pula bahwa ada kemungkinan Microsoft di masa mendatang akan dapat membuat aplikasi sejenis yang dapat menghubungkan antara PC atau laptop yang memakai operating system Windows dengan perangkat mobile berbasis iOS milik Apple. Hanya saja, belum diketahui kapan itu akan benar-benar terwujud.